My BloG

Tetaplah optimis dan jangan mudah putus asa

Jumat, 26 November 2010

RINGKASAN MATERI TENTANG INTERNET DAN INTRANET

RINGKASAN MATERI


BAB 1

“Internet dan Intranet”


A. Pengertian Internet dan Intranet

Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan computer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu system komunikasi data antaromputer. Contoh jaringan computer yang paling sering kita temukan misalnya LAN (Local Area Network) yang menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dll. Jadi, pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu system. Sedangkan pengertian internet secara khusus (inilah yang sering terpakai dan yang dimaksud dalam pembahasan ini) adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan intranet.
Dibanding dengan LAN konvensional, internet memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
1. Tampilan antarmuka layaknya sebuah web (multimedia) pada sistem operasi, program, maupun databasenya.
2. Memiliki fasilitas standar internet, seperti browser, e-mail, search engine, chatting, FTP.
3. Dukungan integrasi database dan kompabilitas dengan perangkat lunak yang telah ada, seperti Foxpro, SQL, maupun Oracle.
Keuntungan penggunaan intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain :
• Produktifitas kerja
• Efisiensi waktu
• Komunikasi
• Sistem publikasi web
• Efektifitas biaya
• Keseragaman informasi
• Meningkatkan kerjasama


Intranet juga memiliki beberapa kelemahan antara lain
• Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
• Interaksi di intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
• Perlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
• Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
• Bisa terjasi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontril dengan baik.

B. Sejarah Internet
Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

C. Beberapa Fasilitas Internet
- WWW (World Wide Web), lebih dikenal dengan web, merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Kita dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web yang berupa teks, gambar, suara, film, maupun multimedia. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser (seperti; Internet Explorer, Opera, Mozilla firefox, Netscape Communicator, dll)
- E-MAIL (Elektronik Mail), digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Dengan menggunakan e-mail, kita dapat mengirim dan menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia.
- Mailing List, merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas e-mail
- Telnet, merupakan fasilitas untuk mengakses remote computer yang terletak di tempat lain. Dengan menggunakan fasilitas ini, pemakai jarak jauh dapat mengendalikan, menukar file antar pengguna komputer, dan menjalankan program yang ada di computer tersebut. Agar dapat mengakses telnet, pengguna komputer harus registrasi terlebih dahulu.
- FTP (File Transfer Protokol), digunakan untuk mengambil data file secara elektronik. Proses mengirim file dari sebuah komputer ke komputer anda disebut dengan proses download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain disebut upload.
- Gopher, system dimana pemakai dapat mengakses informasi di computer lain. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.
- Chatting, merupakan suatu fasilitas untuk berkomunikasi, dimana pemakai dapat saling berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.
- Newsgroup, biasa disebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama.

D. Unsur-Unsur Website atau Situs
Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lainsebagai berikut.
1. Domain Name.
2. Hosting
3. Design Web
4. Publikasi

E. Kegunaan Internet
Dampak Positif:
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web, jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif:
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis homepage yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding
Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) online dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
6. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
7. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
8. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
9. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.



BAB 2

“Sistem Jaringan Internet dan Ukuran Kecepatan Akses Internet”

A. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sehingga memungkinkan untuk saling berkomunikasi dan tukar informasi.
Di dalam jaringan komputer terdapat tiga elemen sistem yang harus tersedia, yaitu sumber data (source), media transmisi (transmisi media), dan penerima (receiver).
1. Manfaat Jaringan Komputer
Adapun manfaatnya sebagai berikut.
a. Proses berbagai data lebih cepat (data sharing)
b. Keamanan data lebih tinggi
c. Manajemen sumber daya (resource) lebih efisien
d. Lisensi software lebih murah
e. Kemudahan berkomunikasi antara pengguna computer

a. Jaringan menurut letak geografisnya
1). LAN (Local Area Network)
2). MAN (Metropolitan Area Network)
3). WAN (Wide Area Network)
4). GAN (Global Area Network)

b. Jaringan menurut model koneksinya
Dilihat dari model koneksinya, jaringan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu peer to peer dan client server.


1) Koneksi jaringan peer to peer
Pada sistem ini operasi windows, model peer to peer dikenal sebagai workgroup. Jaringan ini cocok untuk maksimal 10 unit komputer.

Kekurangan jaringan ini adalah sebagai berikut.
a). Tidak terpusat, terutama untuk menyimpan data dan aplikasi.
b). Tidak aman, karena tidak menyediakan fasilitas untuk keperluan itu.

Kelebihan jaringan ini adalah sebagai berikut.
a). Tidak terlalu mahal.
b). Mudah diinstal dan dikonfigurasi.
c). Masing-masing komputer tidak tergantung pada server khusus.
d). Tidak memerlukan software sistem operasi tambahan.

2) Jaringan client server
Dalam model ini ada computer yang berfungsi sebagai administrator atau pengelola jaringan yang disebut server dan ada yang bertindak sebagai pengguna layanan jaringan yang disebut client.
Layanan yang terdapat pada client-server antara lain sebagai berikut.
a). File server : layanan pengelolaan file.
b). Print server : layanan fungsi pencetakan.
c). Database server : database disimpan pada server dan client dapat
mengaksesya.

Kelebihan jaringan ini adalah sebagai berikut.
a). Terpusat, yaitu sumber daya dan keamanan dikontrol melalui server.
b). Teknologi baru dengan mudah terintegrasike dalam sistem.
c). Keseluruhan komponen dapat bekerja bersama.
d). Didukung oleh server yang baik, sehingga ifisiensi pengaksesan sumber daya akan lebih baik pula.
Kekurangan jaringan ini adalah sebagai berikut.
a). Dibutuhkan biaya yang mahal untuk pengadaan dedicated server.
b). Ketergantungan client terhadap server sangat tinggi, apabila server rusak, maka akan berpengaruh besar pada client.
c). Diperlukan teknisi khusus untuk mengatur jaringan agar efisien.
d). Diperlukan software tertentu.
B. Topologi Fisik Jaringan

1. Topologi Bus atau Daisy Chain
Pada desain ini, komputer yang ada dalam jaringan secara fisik disusun dalam sebuah jalurkabel utama.

Kelebihan topologi bus adalah sebagai berikut.
a. Tidak terlalu banyak menggunakan kabel.
b. Host terhubung sepanjang bus.
c. Konfigurasi komputer atau perangkat lainnya dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan topologi bus adalah sebagai berikut.
a. Kabel utama mempunyai pengaruh besar, jika kabel rusak, semua komputer akan mati.
b. Membutuhkan terminator.
c. Suatu komputer tidak dapat melakukan pengiriman data jika jaringan sedang dipakai untuk mengirimkan data oleh computer lainnya.
d. Kurang sesuai untuk pembuatan jaringan pada gedung besar.

2. Topologi Ring
Hubungan jaringan komputer disusun secara melingkar seperti cincin. Semua komputer yang ada pada jaringan akan saling berkaitan membentuk jaringan yang tidak terputus.
Kelebihan topologi ring adalah jaringan yang saling berkaitan akan menguatkan sinyal yang dikirim ke computer lain, sedangkan kekurangan topologi ini adalah apabila ada koneksi yang terputus dua arah, akan mengakibatkan semua komputer terganggu.

3. Topologui Star
Topologi star membentuk suatu lingkaran tertutup, seperti bintang. Setiap host tersambung pada titik lingkaran.

Kelebihan topologi star adalah sebagai berikut.
a. Sinyal mengalir dalam satu arah.
b. Memungkinkan transfer data yang cepat.
c. Kesalahan mudah dideteksi.
d. Kerusakan sebuah komputer tidak memengaruhi komputer lainnya.

Kelemahannya adalah sebagai berikut.
a. Biaya lebih mahal karena harus ada konsentrator.
b. Kerusakan pada hubungan berakibat semua komputer tidak dapat bekerja.
c. Membutuhkan lebih banyak kabel.

C. Kecepatan Akses Internet

1. Backbone
Banckbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya, namun menguragi kecepatan akses masing-masing ISP.
2. Bandwidth
Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Kita perlu mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk mengetahui kemampuan ISP mentransfer data.
Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur, baik aliran data analog maupun aliran data digital.
Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah bits per second atau sering disingkat bps. Seperti kita tahu bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari angka 0 dan 1. Bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik.
3. Faktor yang Memengaruhi Kecepatan Akses Internet
a. Kecepatan komputer pelanggan.
b. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui.
c. Besar bandwidth yang disewa ISP ke backbone internet.
d. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan.
e. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses.
BAB 3

“Perangkat Keras untuk Akses Internet”

A. Perangkat keras untuk Jaringan Komputer

1. File Servers
Sebuah file server merupakan jantungnya jaringan. File server merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapsitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan di sini, juga termasuk di dalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi di antara node/komponen dalam suatu jaringan.
Sebuah file server mempunyai beberapa karakter seperti tersebut di bawah ini.
a. Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi (Pentium Pro, Pentium II, PowerPC).
b. Sebuah harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10 GB.
c. Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks).
d. Mempunyai banyak port network kartu jaringan yang cepat dan reliabilitas kurang lebih 32 MB memori.
2. Workstations
Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai kartu jaringan, aplikasi jaringan (software jaringan), kabel untuk Floppy karena data yang ingin disimpan bias dan dapat diletakkan di file server.
3. Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan
a. Ethernet card/kartu jaringan Ethernet
Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan computer, kecuali seperti computer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet di dalamnya. Kartu jaringan Ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel koaksial ataupun kabel twisted pair.
b. Local talk card
Local talk adalah kartu jaringan untuk computer Macintosh. Kekurangan dari Local talk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya. Ethernet di jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda, asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan Local talk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mps.
4. Kabel Twistep Pair
Kabel twisted pair inrbagi menjadi 2 jenis, yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jeis kabel yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded tidakmempunyai selubung pembungkus.
Twisted pair umumnya lebih handal (realible) dibandingkan dengan thin coax karena HUB mempunyai kemampuan data error correction dan meningkatkan kecepatan transmisi.
Kabel straight through digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB. Kabel crossed digunakan untuk menghubungkan HUB ke HUB.
5. Kabel Fiber Optik
Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit.
6. HUB/Konsentrator
Sebuah konsentrator/HUB adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lainnya.
Ciri-ciri yang dimiliki konsentrator adalah sebagai berikut.
a. Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45.
b. Digunakan pada topologi Binyang/star.
c. Biasanya dijual dengan aplikasi khusus, yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tersebut.
d. Biasanya disebut HUB.
e. Biasanya dipasang pada rak khusus, yang di dalamnya ada bridges, router.



B. Perangkat Keras untuk Akses Internet

Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet.
Spesufikasi minilmal sebuah komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer.
1. Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer.
2. RAM (Random Acces Memory).
3. Harddisk.
4. VGA casd.
5. Monitor.

C. Perangkat Keras untuk Koneksi Dengan ISP

1. Modem (Modulator Demomulator)
Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dair sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
a. Modem dial up
1). Modem internal
Modem internal merupakan modem yang dipasang dalam komputer, terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer.
Keuntungan penggunaan modem internal
a. Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
b. Tidak membutuhkan adaptor, sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Kelemahan modem internal
a. Modem ini tidak memerlukan lampu indikator, sehingga sulit untuk memantau status modem.
b. Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri, sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.


2). Modem eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya di luar CPU computer. Modem eksternal dihubungkan ke computer melalui port com atau USB.
Keuntungan modem eksternal
a. Portabilitas yang cukup baik, sehingga bisa dipindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain.
b. Dilengkapi lampu indikator, sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal
a. Harga lebih mahal daripada modem internal.
b. Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
b. Modem kabel
Modem kabel (cable modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Modem kabel maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna).
c. Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
2. Saluran Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet.

D. Perangkat Keras untuk Sharing Koneksi Internet
Sharing koneksi adalah menghubungkan komputer dengan jaringan sudah tergabung dengan internet.

1. NIC (Network Interface Card)
Kartu jaringan atau Lan Card dipasang pada setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan komputer. Sesuai dengan besarnya tingkat kebutuhan akan jaringan computer, sudah banyak mainboard komputer jenis terbaru dilengkapi kartu jaringan secara on board. Keuntungannya adalah dapat memilih merk tertentu dan mudah diganti apabila terjadi kerusakan.


2. HUB atau Consentrator
HUB adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan node atau titik, sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star.
3. Konektor UTP (RJ-45)
Untuk menghubungkan kabel UTP diperlukan konektor RL-45 atau sejenis jack yang bentuknya mirip dengan jack kabel telepon, namun memiliki lebih banyak lubang kabel.
4. Kabel UTP
Ada beberapa jenis kabel yang diguanakan dalam jaringan network, namun yang paling dipakai pada private network/Local Area Network saat ini adalah kabel UTP.
5. Bridge
Bridge digunakan untuk menghubungkan antarjaringan yang mempunyai protocol yang sama. Hasil akhirnya adalah jaringan logis tunggal. Bridge juga dapat digunakan jaringan yang mempunyai media fisik yang berbeda dan bridge juga digunakan untuk menyekat jaringan.
6. Switch
Switch merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan stone and forward.
7. Repeaters
Berfunsi untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut, dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.
8. Routers
Fungsi dari router adalah sebagai berikut.
a. Mengatur jalur sinyal secara efisien.
b. Mengatur pesan di antara dua buah protocol.
c. Mengatur pesan di antara topologi jaringan linear Bus dan Bintang (star), serta
d. Mengatur pesan melewati kabel fiber optic, kabel koaksial atau kabel twisted pair.







BAB 4

“Sambungan Internet dan Intranet”

A. Berbagai Jenis Koneksi Internet

1. Dial Up
Koneksi ini cukup memadai karena masih murah dan dapat untuk menunjang kebutuhan aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu tinggi persyaratan kecepatannya serta untuk keperluan e-mail saja.
Modem dial up digunakan untuk menghunungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Saat online (connect), maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan+biaya internet dari provider.
2. Broadband
Modem broadband digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel TV. Saat online dapat sekaligus nonton, tidak berpengaruh.
Kelebihan mengakses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari dari gangguan telepon sibuk. Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu Ethernet (Ethernet card).
3. ADSL
ADSL menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun, ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online, jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan bersama-sama.
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modern yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan.
4. Handphone
Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2mb.
Fakto-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses GPRS sebagai berikut.
a. Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS.
b. Software yang dipergunakan.
c. Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan.

B. Cara Koneksi Internet

1. Cara Koneksi melalui Dial Up

Dengan menggunakan ISP koneksi internet dapat lebih cepat dan lebih murah. Contoh langsung akses melalui telkomnet Langkahnya adalah sebagai berikut :

a). Telah tersedia modem di komputer Anda, jika belum Anda dapat membelinya. Untuk saat ini sudah cukup murah yaitu berkisar dibawah 100 ribuan sudah dapat. Modem Dial-up v9 56kb.
b). Jaringan Line telepon dari telkom / bukan ratelindo dan lainnya.
c). Kemudian setting di PC Anda adalah di set new connection dan pilih internet with dial up connection Isi dibawah ini ( yang lain tidak perlu di isi selain yang tertulis dibawah ini )
1. Nomor Akses : 0809 8 9999
2. User Name : telkomnet@instan
3. Password : telkom
2. Cara Koneksi melalui Handphone
Untuk saat ini ada 4 CDMA di Indonesia yang dapat digunakan, yaitu sebagai berikut.
a. Star one = Username : starone | Password : indosat
b. Flexy = Username : telkomnet@flexi | Password : telkom
c. Fren = Username : m8 | Password : m8
d. Esia = Username : esia | Password : esia
Semuanya menggunakan nomor dial yang sama yaitu #777.

C. Pemilihan ISP
Internet Service Provider (ISP) atau di Indonesia dikenal dengan istilah Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah perusahaan penyedia jasa layanan akses internet. ISP pada umumnya memiliki salah satu media teknologi internet yang dipilih untuk melayani pelanggannya. Secara umum, dapat dikategorikan berdasarkan media teknologinya menjadi berikut.
1. Media Kabel (Cable), contohnya kabel telepon, serat optic, HFC
2. Media Nirkabel (Wireless), contohnya WiFi, satelit, WiMax, GPRS, 3G, 3,5G/HSDPA
Beberapa syarat mutlak yang harus dimiliki oleh ISP adalah sebagai berikut.
1. Memiliki izin resmi dari Ditjen Postel Depkominfo RI seperti izin prinsip, izin layak operasi dan izin penyelenggaraan modern.
2. Memiliki SLA (Service Level Agreement), setidaknya 95% dalam sebulan.
3. Memiliki layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun.
4. Memiliki tenaga dukungan teknis(technical support)I yang melayani 24 jam sehari.
5. Memiliki kantor resmi atau perwakilan di kota yang bersangkutan.
6. Memiliki kontrak layanan minimal sesuai dengan SLA untuk memudahkan proses hukum, berlangganan, meknisme komplain, dan restitusi.
7. Tergabung dalam asosiasi PJI, di Indinesia adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (AJII).

Ada beberapa faktor yang patut dipertimbangkan sebelum memilih ISP yang sesuai yaitu antara lain:

1. Tipe dan Jenis Koneksi

2. Harga dan Perbandingannya dengan Kualitas Layanan

3. Dukungan dan Jaminan

4. Feature dan Layanan Lainnya

5. Kepuasan Pelanggan


D. Setting Internet

1. Menginstal Dial-up Networking

Cara menginstal Dial up Networking adalah sebagai berikut.


a. Click Star button, pilih setting, lalu pilih Control Panel.
b. Double-click Add/Remove Program icon, pilih Windows Setup, lalu pada daftar Components pilih Communications, click Details… button.
c. Jika Dial-up networking belum terinstal (tidak ada tanda check pada Dial-up
Networking) click pada Dial-up Networking agar ada tanda check pada Dial-up Networking.
d. Click OK yang akan membawa kembali ke dialog box sebelumnya, lalu click OK.

2. Menginstal Protocol TCP/IP

Untuk menginstal TCP/IP pada koneksi jaringan area local adalah sebagai berikut:
a. Klik Start
b. Klik Programs
c. Klik Connect to
d. Klik Show All Connections. Muncul kotak dialog Network dan Dial-up Connections
e. Klik kanan Local Area Connection
f. Klik Properties. Muncul kotak dialog Local Area Connection Properties
g. Klik Instal. Muncul kotak dialog Select Network Protocol
h. Klik Protocol
i. Klik Add. Muncul Kotak dialog Select Network Protocol
j. Klik Internet Protocol (TCP/IP)
k. Klik OK. Protocol TCP/IP diinstal dan ditambahkan ke daftar Components di kotak dialog Local Area Connection Properties
l. Klik Yes apabila akan merestart computer Anda
m. Klik Close untuk menutupnya

3. Menginstal Modem

Menyeting peralatan (modem) untuk mengakses internet adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Pasang modem ke komputer
b. Nyalakan komputer dan perintahkan computer untuk mengenali modem yang telah terpasang, dengan cara berikut.

1). Start
2). Control Panel
3). Pilih Phone dan modem Option
4). Apabila modem telah terdeteksi, maka jenis modem akan muncul, dan apabila
belum, maka pilih ADD dan ikuti petunjuknya.

4. Membuat Internet Shortcut

Cara membuat internet shortcut adalah sebagai berikut.
a. Klik kanan tempat kosong pada Desktop, mengarah ke “Baru”, dan pilih “Shortcut”.
b. Membuat Shortcut jendela yang akan muncul. Dalam kotak teks , ketik alamat lengkap dari halaman web yang Anda inginkan/cara pintas ke link. (Contoh: http://www.achiadhe.blogspot.com).
c. Klik “Next”.
d. Dalam kotak teks Nama, masukkan nama untuk shortcut. Ini adalah nama yang akan muncul di bawah icon. (Contoh : Blog Achi)
e. Klik “Selesai”.
f. Cara pintas sekarang akan dibuat pada Desktop.
g. Untuk mengakses halaman web yang link ke cara pintas, cukup klik dua kali shortcut’s icon.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar